Teknologi MOAF® untuk Mencegah Jamur Ganoderma

Teknologi MOAF® untuk Mencegah Jamur Ganoderma

Saat ini penyakit Ganoderma menjadi permasalahan serius bagi perkebunan kelapa sawit karena menyebabkan kerugian yang sangat signifikan. Kerugian yang disebabkan tidak hanya berupa kehilangan produksi tetapi juga penurunan efisiensi pengelolaan kebun. Penggunaan pupuk kimia dengan unsur hara yang tidak tepat akan mengakibatkan tanaman menjadi lemah dalam menghadapi serangan hama dan penyakit. Sedangkan penyebab utama merebaknya infeksi Ganoderma dipastikan karena rusaknya agroekosistem di dalam tanah, dimana musuh alami jamur patogen semakin berkurang akibat tekanan lingkungan karena penggunaan produk kimia yang berlebihan.

Sementara, penyebaran spora Ganoderma terus terjadi dan menginfeksi tanaman sawit jika pertahanan musuh alaminya lemah. Suatu angka yang sangat besar apabila masalah ini terus dibiarkan tanpa antisipasi pencegahan, maka dipastikan akan terus memperluas serangan dengan menggerogoti populasi sawit yang pada akhirnya menimbulkan kerugian besar pada investasi perkebunan sawit.

Kunci tanaman sehat adalah jika perakarannya juga sehat. Pupuk yang berkualitas adalah pupuk yang dapat memperbaiki keasaman tanah dan merangsang perakaran sehingga proses pemupukan kelapa sawit bisa berjalan dengan baik.

Melihat kondisi ini, PT Propadu Konair Tarahubun (Plantation Key Technology/PKT) sebagai pelopor industri teknologi perkebunan, memperkenalkan teknologi Multi Organic Alkali Fertilizer (MOAF®), yang bertujuan untuk mengatasi kendala tadi, khususnya di bidang produksi panen kelapa sawit secara kuantitas dan kualitas.

Adapun teknologi MOAF® ini memiliki beberapa basis, yakni:

  • Smart Response, yang menyesuaikan kebutuhan tanaman sehingga tidak kekurangan atau kelebihan nutrisi serta membuat akar lebih cepat menyerap nutrisi.
  • Control Release, dimana pelepasan nutrien dalam pupuk dapat terkontrol sehingga dapat diaplikasi pada saat musim hujan maupun musim kemarau. Dimana pada saat musim hujan pupuk tidak terjadi kehilangan unsur hara seperti pupuk konvensional lainnya.
  • Fast Action, dengan reaksi yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan pupuk konvesional ataupun pupuk organik lainnya.
  • Drought Control Mechanisme, Artinya efek musim trek dapat lebih berkurang.
  • Long Lasting, artinya bersifat lebih tahan lama dan stabil.
  • Colony Complex, merupakan koloni mikroorganisme yang akan melindungi dan menyediakan logistik gudang penyimpanan logistik bagi mikroorganisme yang dibutuhkan tumbuhan.
  • Bio Control Agent atau Bio Pesticide, merupakan sistem pengendali pertumbuhan hama dan penyakit pada tanaman.
  • Production Increasing System, adalah formulasi yang mempercepat dan meningkatkan hasil produksi panen sawit dengan kualitas bobot yang baik farmacie-romania.com.
  • Yield Increasing Factor, yakni formulasi peningkatan rendemen atau ekstraksi minyak produksi panen.

Hasil teknologi ini diformulasikan secara khusus yang menyesuaikan kondisi tanah dan kondisi pohon, juga memiliki kelebihan dibandingkan pupuk formulasi khusus lainnya seperti dapat meningkatkan produktivitas pohon dan tidak membunuh musuh alami Ganoderma. Teknologi MOAF® ini lebih sesuai dan memiliki syarat mutlak bagi perkebunan yang ingin mengendalikan Ganoderma.

Memiliki masalah yang sama?
Bingung mau berbuat apa untuk keselamatan kebun Anda?

Kunjungi website www.pkt-group.com jika memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai cara mengendalikan serangan Ganoderma dan hama penyakit lainnya, atau menghubungi whatsapp 0821-2000-6888.

3 Comments on “Teknologi MOAF® untuk Mencegah Jamur Ganoderma”

Comments are closed.