Produsen Utama Minyak Sawit dari Amerika Selatan

Harga Referensi CPO (BK) Periode 1–15 Oktober 2022 Turun 6,4%

Sawit Notif – Wilayah Amerika Selatan memiliki tiga konsumen minyak sawit teratas diantaranya Kolombia, Brasil, dan Meksiko. Konsumsi minyak sawit tertinggi tercatat di Kolombia sebanyak 1,14 juta per ton pada tahun 2020, dimana hanya 190 ribu ton dari total konsumsi didapat dari diimpor.

Produksi minyak sawit domestik Kolombia sekitar 1,7 juta ton, menjadikan Kolombia produsen minyak sawit terbesar di kawasan Amerika Selatan. Kemudian, konsumen minyak sawit terbesar kedua adalah Brasil dengan konsumsi sekitar 930 ribu ton yang 34,4% di antaranya diperoleh melalui impor.

Mengutip Infosawit.com, Produksi minyak sawit domestik Brazil mencapai 620 ribu ton, dan disusul Meksiko sebagai konsumen ketiga minyak sawit terbesar dengan total konsumsi sebanyak 593 ribu ton, yang mana 473 ribu ton diantaranya di peroleh melalui kegiatan impor. Sedangkan, produksi minyak sawit domestik Meksiko tercatat sekitar 118 ribu ton.

Menurut catatan Nur Adibah Mohd Razali, produsen minyak sawit utama lainnya dari kawasan Amerika Selatan adalah Guatemala, Ekuador dan Peru.

Kemudian, sebagai produsen minyak sawit dan inti sawit terbesar di Amerika Selatan, Kolombia terus berupaya meningkatkan produksi minyak sawit bersertifikat berkelanjutan di bawah Strategi Nasional Program Minyak Sawit Berkelanjutan.

Sumber: Infosawit.com