Penyebaran Spora Ganoderma Tidak Dapat Dihambat Dengan Cara Dibakar

Penyebaran Spora Ganoderma

Penyakit Busuk Pangkal Batang (Basal Stem Rot/BSR) yang mengakibatkan penurunan hasil produksi bahkan kematian total pada pohon benar-benar menjadi wabah serius yang harus segera ditangani. Pasalya hampir lebih dari 50% populasi sawit di Indonesia yang terserang penyakit ini dan mengalami kerugian besar-besaran dari segi ekonomi karena mengalami penurunan produksi secara langsung.

Hal yang lebih menyeramkan lagi adalah meskipun pohon sawit yang terinfeksi dan mati karena ditumbangkan, sawit sehat disekitarnya juga akan diserang oleh inokulum dari tanaman sebelumnya. Sehingga dalam waktu tidak lama, tanaman sehat akan ikut terjangkit penyakit Busuk Pangkal Batang ini.

Adapun metode penyebaran jamur Ganoderma seperti yang kita ketahui atara lain adalah melalui kontak akar, penyebaran spora, dan penyebaran melalui inokulum sekunder. Berdasarkan fakta, kebanyakan para praktisi kebun berpikir bahwa ketika pohon sudah tumbang, maka lumpuh pulalah jamur patogen ini. Kenyataannya tidak. Inokulum yang tersisa masih bertahan hidup di dalam tanah.

Tak hanya hal itu, tidak sedikit juga orang-orang yang berpikir bahwa ketika pohon terinfeksi kemudian dilakukan di-replanting. Tanaman ditebang dan dibakar dengan tujuan agar basidiokarp Ganoderma dan infeksi pun ikut musnah. Kenyataannya tidak sama sekali. Spora yang terdapat pada basidiokarp disebarkan melalui udara, dan serangga ke tanaman-tanaman sehat yang lainnya. Penyebaran spora melalui udara ini yang akan mengifeksi pohon sehat berikutnya.

Biasanya basidiospora akan disebarkan paling banyak sekitar pukul 22.00 – 06.00, sedangkan jumlah tersedikitnya disebarkan pada pukul 12.00 sampai 16.00. Sementara itu jumlah basidiospora Ganoderma ini di udara memiliki kuantitas jumlah yang sangat melimpah ruah di udara. Itu sebabnya penyebaran spora melalui udara cukup pesat sebagai sumber infeksi kelapa sawit.

Melihat keadaan ini tentu menjadi hal yang sangat penting sekali bagi Anda untuk senantiasa melindungi tanaman penghasil CPO ini dari berbagai kemungkinan penyebaran infeksi jamur Ganoderma. Dengan senantiasa melakukan sanitasi terhadap tanah dan tanaman, pemberian nutrisi tepat seperti pupuk organik yang bersifat stabil seperti pupuk MOAF® (bukan asal sembarang organik), serta pengendalian/vaksin Ganoderma dengan memberikan CHIPS® yang merupakan generasi teknologi mutakhir temuan PKT (Plantation Key Technology).

Bagi perusahaan yang memiliki masalah yang sama dan ingin bertanya lebih lanjut mengenai cara mengendalikan serangan Ganoderma dan hama penyakit lainnya, dapat mengunjungi website kami www.pkt-group.com atau menghubungi whatsapp kami 0821-2000-6888.