CHIPS® Sebagai Solusi dalam Mencegah Serangan Ganoderma pada Tanaman Kelapa Sawit

CHIPS® Sebagai Solusi dalam Mencegah Serangan Ganoderma pada Tanaman Kelapa Sawit

Selama riset dan pengalaman puluhan tahun, Plantation Key Technology (PKT) berhasil ciptakan formulasi khusus CHIPS® yang telah mendapatkan rekor MURI sebagai vaksin Ganoderma satu-satunya di Indonesia bahkan dunia yang dapat menekan laju perkembangan penyakit Ganoderma. Penghargaan MURI ini telah diterima langsung oleh DR Supeno Surija,Ph.D sebagai keberhasilannya dalam pengembangan vaksin Ganoderma untuk penyakit busuk pangkal batang pada tahun 2016.

CHIPS® menjadi solusi dan strategi yang cukup efektif dalam mencegah dan mengendalikan penyakit Ganoderma pada tanaman kelapa sawit. Hal ini dibuktikan dengan menjadi satu-satunya perusahaan yang diakui oleh banyak pihak atas keberhasilannya dalam mencegah dan menangani penyakit busuk pangkal batang Ganoderma di perkebunan kelapa sawit. Terbukti dari penghargaan yang baru-baru saja PKT raih di acara Sawit Indonesia Award Tahun 2023 untuk kategori Top Ganoderma Controlling Product for Corporate Plantation dan Top Protection Product for Ganoderma.

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana penerapan CHIPS® dapat membantu mengendalikan serangan Ganoderma, serta manfaat jangka panjangnya bagi produktivitas dan keberlanjutan industri kelapa sawit.

Apa Itu Ganoderma?

Ganoderma adalah patogen yang dapat menyebabkan penyakit busuk pangkal batang (basal stem rot) pada tanaman kelapa sawit. Jika penyakit ini tidak segera dikendalikan, Ganoderma akan menyebabkan penurunan produksi bahkan matinya pohon.

Ganoderma dapat mengakibatkan pembusukan jaringan di sekitar pangkal batang yang menyebabkan kelemahan struktural dan kematian. Penyakit Ganoderma dapat menyebarkan spora melalui udara, tanah, dan akar kemudian menularkan penyakit busuk pangkal batang ke tanaman yang belum terinfeksi. Dalam mengatasi penyakit Ganoderma pada tanaman kelapa sawit, perlu melakukan pengendalian terpadu yang melibatkan pencegahan, deteksi dini, dan rotasi tanaman. Dengan CHIPS® yang diformulasi secara khusus dan tepat sasaran, dampak negatif dari Ganoderma dapat dikendalikan, sehingga produktivitas tanaman kelapa sawit tetap terjaga.

Manfaat CHIPS®  untuk Mencegah Serangan Ganoderma

Berikut adalah tiga manfaat CHIPS® untuk mencegah serangan Ganoderma:

A. Peningkatan Resistensi Tanaman

Aplikasi CHIPS® dapat meningkatkan resistensi tanaman terhadap penyakit Ganoderma. Hal ini membuat tanaman lebih tahan terhadap infeksi dan membantu menjaga keberlanjutan produksi pertanian.

B. Mengatasi Penyakit Busuk Pangkal Batang

Pengendali Ganoderma CHIPS® berguna sebagai fungisida organik yang mampu mengendalikan dan mengatasi penyakit busuk pangkal batang pada tanaman kelapa sawit.

C. Menekan Laju Perkembangan Ganoderma

Bahaya yang paling dikhawatirkan ketika Ganoderma menyebar secara luas dan cepat adalah penurunan produksi buah karena sistem perakaran yang rusak. Maka pengaplikasian CHIPS® pada tanaman kelapa sawit memiliki manfaat berupa vaksin Ganoderma yang ramah lingkungan dan berfungsi untuk menekan laju perkembangan Ganoderma yang ada di pohon sawit maupun segala serangan infeksi dari luar pohon di areal kebun, sehingga sawit tetap sehat dan berproduksi secara maksimal.

Cegah Ganoderma dengan CHIPS® Sekarang!

Tips efektif mengendalikan Ganoderma pada tanaman kelapa sawit adalah dengan mengaplikasikan CHIPS® dari PKT. CHIPS® merupakan produk ramah lingkungan yang diformulasi khusus untuk menekan laju perkembangan Ganoderma di perkebunan kelapa sawit. Pemberian CHIPS® secara konsisten dengan dosis yang tepat sesuai kebutuhan masing-masing tanaman merupakan solusi efektif dan efisien dalam pengendalian Ganoderma.  

Bagi Anda yang ingin mengendalikan serangan Ganoderma serta hama dan penyakit lainnya, Anda dapat mengunjungi website www.pkt-group.com atau menghubungi whatsapp 0821-2000-6888.

FAQ
1. Bagaimana cara mengetahui jika tanaman sudah terinfeksi Ganoderma

Gejala infeksi Ganoderma pada tanaman dapat dilihat secara visual yaitu pelepah daun berpatahan, penurunan produksi, pembusukan pada sistem akar, terdapat miselium di sekitar pangkal batang atau akar, dan perubahan warna daun menjadi kekuningan atau coklat. 

2. Apakah CHIPS efektif dalam semua kondisi tanah dan iklim? 

CHIPS® diformulasi secara khusus sesuai dengan kebutuhan masing-masing tanaman dan cocok untuk berbagai kondisi tanah dan iklim perkebunan kelapa sawit.