Penyakit Busuk Pangkal Batang pada Tanaman Kelapa Sawit

Penyakit Busuk Pangkal Batang pada Tanaman Kelapa Sawit

Praktisi perkebunan kelapa sawit penting untuk memahami penyebab dan cara pengendalian penyakit serta hama yang dapat mengganggu tanaman. Salah satu penyakit yang umum pada kelapa sawit adalah penyakit busuk pangkal batang.

Penyebab utama penyakit busuk pangkal batang kelapa sawit biasanya adalah jamur Ganoderma. Faktor lingkungan seperti kelembaban tinggi dan drainase yang buruk juga dapat memperparah infeksi penyakit ini. Penyakit ini dapat menyebabkan busuknya akar dan pangkal batang, bahkan dapat mengakibatkan kematian tanaman.

Penyakit Busuk Pangkal Batang pada Tanaman Kelapa Sawit  

Penyakit busuk pangkal batang pada tanaman kelapa sawit dapat memiliki dampak yang serius pada pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Mengetahui penyebab dan gejala penyakit ini merupakan langkah penting dalam mengidentifikasinya untuk mengambil tindakan pengendalian yang tepat. Berikut adalah beberapa penyebab dan gejala umum penyakit busuk pangkal batang kelapa sawit.

Penyebab dan Gejala Penyakit Busuk Pangkal Batang Kelapa Sawit

Penyakit busuk pangkal batang pada tanaman kelapa sawit dapat disebabkan oleh jamur Ganoderma. Anda bisa mengenali gejala penyakit busuk pangkal batang yang diantaranya adalah: 

  • Tanaman kelapa sawit akan menunjukan gejala perubahan kondisi dan warna daun. Gejala yang terlihat adalah warna daun menguning, pelepah daun layu dan berpatahan. 
  • Gejala pada akar yakni mengalami perubahan warna menjadi cokelat kehitaman dan muncul basidiokarp Ganoderma pada akar
  • Gejala yang terlihat berikutnya yakni pada bagian pangkal batang akan membusuk dan menunjukkan adanya infeksi. 
  • Pada serangan berat, tanaman kelapa sawit akan tumbang dan mati.
Cara Pengendalian Penyakit Busuk Pangkal Batang pada Kelapa Sawit

Serangan penyakit busuk pangkal batang kelapa sawit bisa dikendalikan dengan beberapa cara. Cara ini bisa Anda coba untuk mengendalikan serangan penyakit Ganoderma sawit yaitu: 

  • Sebagai upaya preventif sebelum penanaman, ada baiknya memilih bibit yang memiliki kualitas unggul dan lebih tahan terhadap serangan jamur Ganoderma
  • Memastikan media tanam yang dipakai pada pembibitan bebas dari jamur penyebab penyakit busuk pangkal batang. 
  • Memastikan lahan yang siap tanam sudah bebas dari sumber inokulum Ganoderma seperti sisa akar dan sisa batang maupun tunggul kayu.
  • Pada tanaman yang sudah terserang Ganoderma, lakukan pengendalian hayati sedini mungkin. Pengendalian hayati dapat dilakukan dengan mengaplikasikan produk CHIPS® dari PKT yang berfungsi untuk mengendalikan serangan hama dan penyakit pada pohon sawit serta mencegah serangan infeksi dari luar pohon. 
  • Memberikan nutrisi dengan jenis dan dosis yang tepat pada tanaman kelapa sawit seperti pupuk MOAF® dari PKT. Pupuk MOAF® dikembangkan dengan teknologi khusus untuk memberikan nutrisi yang tepat kepada tanaman kelapa sawit sehingga bisa menghasilkan produktivitas yang optimal. Keunggulan lain dari pupuk ini adalah kemampuannya dalam memperbaiki kondisi dan pH tanah, mengandung unsur hara makro dan mikro lengkap, diformulasi secara khusus, meningkatkan hasil panen, dan ramah lingkungan. 
Penutup

Itulah pembahasan tentang penyakit busuk pangkal batang pada tanaman kelapa sawit yang perlu Anda ketahui. Sebagai petani, penting untuk merawat tanaman kelapa sawit semaksimal mungkin agar hasil panen berlimpah. Selain melakukan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian penyakit, memilih nutrisi yang tepat juga sangat penting untuk memastikan tanaman tetap sehat dan produktif.

Bagi Anda yang sedang mencari nutrisi yang tepat agar tanaman kelapa sawit mampu berbuah lebat, Anda bisa mencoba pupuk MOAF® dan pengendali hayati CHIPS® dari PKT (Plantation Key Technology). Produk ini ramah lingkungan dan dapat membantu mencegah penyakit tanaman, termasuk busuk pangkal batang.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau ingin melakukan konsultasi mengenai produk, jasa, serta hal lain yang berkaitan dengan hama dan penyakit pada tanaman kelapa sawit. Anda dapat mengunjungi website kami www.pkt-group.com atau menghubungi whatsapp kami 0821-2000-6888.

FAQ

1. Apa dampak tanaman kelapa sawit yang terserang penyakit busuk pangkal batang?

Tanaman yang terserang busuk pangkal batang akan mengalami penurunan pertumbuhan dan daun tanaman yang terinfeksi akan mengalami klorosis (menguning) serta layu. Karena tanaman tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik, produksi buah kelapa sawit juga akan menurun.

2. Bagaimana cara pengendalian penyakit busuk pangkal batang pada tanaman kelapa sawit?

Plantation Key Technology (PKT) memberikan solusi berupa pengendalian terpadu yakni pupuk MOAF® dan CHIPS®. Pengendalian hayati dari CHIPS® akan berguna sebagai fungisida organik yang dapat mengendalikan serangan hama dan penyakit. Pengendalian terpadu dari PKT ini sudah terbukti efektif dalam meningkatkan ketahanan tanaman terhadap serangan hama dan penyakit serta membantu meningkatkan hasil produktivitas tanaman.