Penerapan Aplikasi Program Peremajaan Sawit di Mukomuko

Penerapan Aplikasi Program Peremajaan Sawit di Mukomuko

Sawit Notif – Program peremajaan sawit tak terpengaruh oleh penurunan harga TBS sawit ditingkat petani yang saat ini rendah.

Mengutip Antaranews.com, Dinas pertanian kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyatakan aplikasi program peremajaan sawit yang telah diterapkan pada wilayah tersebut, berjalan efektif. Karena aplikasi ini telah mempermudah pendataan lahan, baik yang produktif atau pun tidak produktif.

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Meri Marlina menjelaskan bahwa melalui aplikasi ini data kelompok tani dapat diunggah secara mandiri oleh kelompok tani yang mengajukan program peremajaan sawit produktif dan tidak produktif.

Kemudian, Meri mengatakan bahwa terlebih dahulu petugas instansi yang akan mengikuti bimbingan teknis aplikasi ini secara daring di Jakarta pada bulan ini. Selanjutnya, para petugas instansi bisa membimbing dan mendampingi kelompok tani dalam penerapannya.

Setalah itu, Meri menyatakan terdapat kesalahan teknik pada aplikasi ini, dari sisi pembaharuan fitur dalam aplikasi yang membuat petugas lapangan terlebih dahulu untuk mengikuti bimbingan teknis.

Kemudian, petugas lapangan yang dibimbing ini lah yang akan membimbing dan mendampingi kelompok tani dalam penggunaan aplikasi program peremajaan ini kepada kelompok tani yang mengusulkan program ini.

Sumber:  Antaranews.com,