Mendag RI Minta Produsen Minyak Goreng Sawit Dukung Program ”MINYAKITA”

Mendag RI Minta Produsen Minyak Goreng Dukung Program ''MINYAKITA''

Sawit Notif – Kementerian Perdagangan bakal luncurkan minyak goreng sawit kemasan sederhana untuk masyarakat Indonesia.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan juga ikut meminta produsen minyak goreng sawit untuk mendukung dan membantu menyukseskan program “minyakita”, sebagai minyak goreng sawit rakyat kemasan sederhana seharga Rp14.000/liter, dikutip Infosawit.com.

Zulkifli mengatakan bahwa secara khusus ia dan jajarannya meminta dukungan dari para produsen dalam memproduksi minyak goreng kemasan sederhana, dengan harga Rp14.000/liter.

Ia juga menyatakan bahwa akan ada kompensasi bagi produsen minyak goreng sawit yang membantu pemerintah menyiapkan minyak goreng kemasan sederhana. Produsen akan mendapatkan ekspor minyak sawit mentah (CPO) sebagai kompensasi.

Menurut Zulkifli adanya kompensasi berupa dibukanya keran ekspor CPO, maka kebutuhan produsen akan CPO meningkat dan tentunya juga akan berdampak pada kebutuhan produsen terhadap tandan buah segar (TBS) dari petani sawit pemerintah.

Sebab itu lah, Zulkifli mengatakan secara tegas kepada para pengusaha ataupun produsen  minyak goreng sawit agar membeli sawit petani rakyat paling tidak Rp 1.600/kg seperti arahan dari pemerintah yang diputuskan dalam rapat koordinasi bersama Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves).

Sumber: Infosawit.com.