Apa Pengaruh Curah Hujan Terhadap Produktivitas Kelapa Sawit?

Apa Pengaruh Curah Hujan Terhadap Produktivitas Kelapa Sawit?

Memahami pengaruh curah hujan terhadap produksi kelapa sawit sangat penting untuk memaksimalkan produktivitas, yuk simak penjelasan artikel di bawah ini.

Pengaruh Curah Hujan Terhadap Kelapa Sawit

Curah hujan memiliki pengaruh penting terhadap hasil produktivitas tanaman kelapa sawit. Nah sebagai petani sawit sudah sepatutnya paham akan hal ini. Selain itu, curah hujan dapat dianggap sebagai faktor utama yang membatasi potensi hasil panen kelapa sawit. Untuk menyesuaikan dengan kondisi iklim yang ada maka lebih praktis untuk melakukan modifikasi tindak agronomis sehingga dapat menunjang capaian potensi hasil yang baik pada kelapa sawit.

Variabilitas iklim yang dapat berdampak terhadap pertumbuhan kelapa sawit adalah cekaman kekeringan. Curah hujan yang baik untuk kesesuaian lahan kelapa sawit adalah berkisar antara 2.000 – 2.500 mm per tahun dan tidak ada curah hujan bulanan di bawah 100 mm. 

Maka, tinggi rendahnya curah hujan dapat dijadikan bahan evaluasi terhadap capaian produksi pada tahun-tahun yang akan datang. Distribusi curah hujan yang kurang berdampak pada tanaman kelapa sawit akan mempengaruhi perkembangan bunga, tandan gagal atau busuk, produktivitas rendah dan masa perbungaan menjadi lebih lama sekitar 8-9 bulan. Perlu diketahui bahwa defisit air 100 mm dalam setahun akan menurunkan 7% sampai 10% produksi tanaman kelapa sawit di tahun berikutnya.

Penutup

Selain memperhatikan curah hujan, praktisi perkebunan dapat memenuhi nutrisi tanaman kelapa sawit dengan pupuk MOAF® dari Plantation Key Technology (PKT). PKT merupakan perusahaan Research and Solution yang terintegrasi, mulai dari mendiagnosa masalah sebenarnya, sampai menyediakan solusi nyata. PKT memiliki jaringan riset, lab produksi dan pabrik untuk menghasilkan produk bioteknologi ramah lingkungan yang dapat menutrisi dan mengendalikan Ganoderma pada tanaman kelapa sawit.

Bagi praktisi perkebunan yang ingin memberikan nutrisi yang tepat jenis dan dosis dapat mengunjungi website kami www.pkt-group.com atau menghubungi whatsapp kami 0821-2000-6888.